KAJIAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (2011)

Salah satu pendekatan baru yang diharapkan mampu menstimuli dan menggerakkan roda perekonomian di perdesaan adalah melalui pendirian kelembagaan ekonomi yang dikelola sepenuhnya oleh masyarakat desa yang berangkat dari adanya potensi yang jika dikelola dengan tepat akan menimbulkan permintaan di pasar. Bentuk kelembagaan sebagaimana disebutkan di atas dapat berupa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Badan usaha ini telah diamanatkan di dalam UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (bahkan oleh undang-undang sebelumnya, UU 22/1999) dan Peraturan Pemerintah (PP) no. 71 Tahun 2005 Tentang Desa. Jika kelembagaan BUMDes ini kuat dan ditopang kebijakan yang memadai, maka pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan pemerataan distribusi aset kepada rakyat secara luas akan mampu menanggulangi berbagai permasalahan ekonomi di perdesaan.

Keberadaan BUMDes di desa diharapkan mampu mendorong dinamisasi kehidupan ekonomi di pedesaan. Berkaitan dengan hal tersebut, dilakukan kajian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tujuan kegiatan untuk menetapkan strategi dan pola pengembangan Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Populasi dalam kajian ini adalah wilayah kecamatan, pelaku usaha, dan pakar di Kabupaten Kutai Kartanegara. Mengingat sebaran wilayah kecamatan cukup luas, ditetapkan dua belas (12) kecamatan sampel sebagai pewakil representatif dari keseluruhan kecamatan, antara lain : (1) Kecamatan Muara Badak, (2) Samboja, (3) Muara Jawa, (4) Marang Kayu, (5) Loa Janan, (6) Loa Kulu, (7) Tenggarong, (8) Tenggarong Seberang, (9) Sebulu, (10) Kota Bangun, (11) kenohan, dan (12) Kembang Janggut. Sedangkan sampel responden diambil dari pelaku usaha ditetapkan pada jenis usaha yang dikelola oleh BUMDes. Adapun sampel responden pakar adalah para pakar yang mengetahui dan memiliki wawasan, serta memiliki independensi yang tinggi terhadap topik yang dikaji.

Dari 12 kecamatan yang dimati terdapat 4 kecamatan yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yaitu; (1). Tenggarong Seberang, ada 6 (enam) desa yaitu ; a. desa Sukamaju, b. Desa Bukit Pariaman, c. Desa Buana Jaya, d. desa Manunggal Jaya, e. Desa Kerta Buana dan f. Desa Bangun Rejo (2). Kecamatan Loa Janan, ada 5 (lima) desa yaitu; a. desa Batuah, b. Desa Loa Duri Ulu, c. Desa Loa Duri Ilir, d. desa Loa Janan Ulu dan e. Desa Bakungan, (3). Muara Badak, ada 1 (satu) yaitu desa Seliki dan (4). Muara Kaman, ada 1 (satu) yaitu desa Bunga Jadi.

Untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai amanat UU Nomor 32 Tahun 2004 dan Perda No. 1 Tahun 2008 tentang Badan Usaha Milik Desa adalah: Pihak-pihak terkait diatasnya baik pusat, provinsi, dan kabupaten dituntut dukungannya dalam mengembangkan BUMdes melalui penyediaan modal, infrastruktur, dan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, serta pendukung lainnya.

Muhammad Bisyron

Sekretaris Balitbangda Kutai Kartanegara

You may also like...

  LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA      TINGKAT SMA/SEDERAJAT TAHUN  2015  * Juara 1,2,3, dan juara harapan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah, * Hadiah Wisata Luar Daerah bagi pemenang 1, 2, dan 3, * Piala dan piagam penghargaan serta uang saku bagi 10 finalis terbaik   PENDAFTARAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DITERIMA OLEH PANITIA PALING LAMBAT TANGGAL 31 Agustus 2015   PERSYARATAN MENGIKUTI LOMBA : Judul Karya Ilmiah Bebas Materi yang dibahas harus merupakan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan metode ilmiah dan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan yang benar Ide, kualitas isi dan materi, sistimatika penyajian, bahasa dan data pendukung merupakan unsur kriteria penilaian. Karya tulis diketik dengan jarak 1,5 cm spasi, kertas ukuran A4 dengan margin kiri atas empat dan bawah kanan tiga, jenis huruf Times New Roman dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (sesuai EYD). Peserta Lomba harus yang masih aktif bersekolah di satuan pendidikan SMA/sederajat. Karya ilmiah harus berdasarkan pengamatan atau penelitian yang dilakukan oleh peserta. Karya Ilmiah yang dikirim harus yang asli dan disertai 2 rangkap foto copy serta soff copynya. Peserta lomba wajib menyertakan nama, alamat, sekolah dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Peserta lomba perorangan atau kelompok (maksimal 2 orang). Peserta akan dipilih sebanyak 10 karya terbaik yang ditetapkan oleh dewan juri akan diundang ke Tenggarong / Balitbangda untuk mempresentasikan karya tulisnya. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat. Karya yang masuk akan menjadi hak milik Balitbangda. Pengumuman lomba karya ilmiah remaja ini dapat juga di lihat melalui WEBSITES BALITBANGDA                     “ http://balitbangda.kutaikartanegarakab.go.id “   Hal-hal yang belum jelas dapat menghubungi/Kontak Person : Rita Ariani, SE (HP. 081250363610) Mutiara Kartika Dewi, ST (08115832772)                PENDAFTARAN TIDAK DIPUNGUT BIAYA Alamat Sekretariat : Balitbangda   Kab. Kutai Kartanegara ruangan/bagian kelompok fungsional peneliti. Jl. Wolter Monginsidi Komplek Kantor Bupati Gedung Bappeda – Balitbangda Lt. 4 Tenggarong