Hasil Penelitian

Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki luas wilayah 27.263,10 km2 dan luas perairan kurang lebih 4.097 km2 yang secara geografis terletak antara 115°26’28” BT – 117°36’43” BT dan 1°28’21” LU – 1°08’06” LS dengan batas administratif sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Malinau
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kab. Kutai Timur dan Selat Makassar
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Pasir
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat

Secara administratif, Kabupaten Kutai Kartanegara terbagi dalam 18 wilayah kecamatan dan 225 desa/kelurahan. Dengan pertumbuhan penduduk 4,13% per tahun, penduduk Kabupaten Kutai Kartanegara mencapai 540.994 jiwa (2007) dengan pertumbuhan penduduk sebesar 2,73% (sumber : Dinas Capil Kutai Kartanegara).

Peta Wilayah Kabupaten Kutai KartanegaraTopografi

Topografi wilayah sebagian besar bergelombang sampai berbukit dengan kelerengan landai sampai curam. Daerah dengan kemiringan datar sampai landai terdapat di beberapa bagian yaitu wilayah pantai dan DAS Mahakam. Pada wilayah pedalaman dan perbatasan pada umumnya merupakan kawasan pegunungan dengan ketinggian 500-2000 m dpl.

Jenis Tanah

Jenis-jenis tanah yang terdapat di daerah ini menurut Soil Taxonomi USDA termasuk kedalam golongan Ultisol, Entisol, Histosol, Inceptisol dan Mollisol, sedangkan menurut Lembaga Penelitian Tanah Bogor terdiri dari jenis tanah Podsolik, Alluvbial, Andosol dan Renzina.

Iklim dan Curah Hujan

Karakteristik iklim dalam wilayah Kabupaten Kutai adalam iklim hutan tropika humida dengan perbedaan yang tidak begitu tegas antara musim kemarau dan musim hujan. Curah hujan berkisar antara 2000-4000 mm per tahun dengan temperatur rata-rata 26°C. Perbedaaan temperatur siang dan malam antara 5-7°C.

  LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA      TINGKAT SMA/SEDERAJAT TAHUN  2015  * Juara 1,2,3, dan juara harapan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah, * Hadiah Wisata Luar Daerah bagi pemenang 1, 2, dan 3, * Piala dan piagam penghargaan serta uang saku bagi 10 finalis terbaik   PENDAFTARAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DITERIMA OLEH PANITIA PALING LAMBAT TANGGAL 31 Agustus 2015   PERSYARATAN MENGIKUTI LOMBA : Judul Karya Ilmiah Bebas Materi yang dibahas harus merupakan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan metode ilmiah dan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan yang benar Ide, kualitas isi dan materi, sistimatika penyajian, bahasa dan data pendukung merupakan unsur kriteria penilaian. Karya tulis diketik dengan jarak 1,5 cm spasi, kertas ukuran A4 dengan margin kiri atas empat dan bawah kanan tiga, jenis huruf Times New Roman dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (sesuai EYD). Peserta Lomba harus yang masih aktif bersekolah di satuan pendidikan SMA/sederajat. Karya ilmiah harus berdasarkan pengamatan atau penelitian yang dilakukan oleh peserta. Karya Ilmiah yang dikirim harus yang asli dan disertai 2 rangkap foto copy serta soff copynya. Peserta lomba wajib menyertakan nama, alamat, sekolah dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Peserta lomba perorangan atau kelompok (maksimal 2 orang). Peserta akan dipilih sebanyak 10 karya terbaik yang ditetapkan oleh dewan juri akan diundang ke Tenggarong / Balitbangda untuk mempresentasikan karya tulisnya. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat. Karya yang masuk akan menjadi hak milik Balitbangda. Pengumuman lomba karya ilmiah remaja ini dapat juga di lihat melalui WEBSITES BALITBANGDA                     “ http://balitbangda.kutaikartanegarakab.go.id “   Hal-hal yang belum jelas dapat menghubungi/Kontak Person : Rita Ariani, SE (HP. 081250363610) Mutiara Kartika Dewi, ST (08115832772)                PENDAFTARAN TIDAK DIPUNGUT BIAYA Alamat Sekretariat : Balitbangda   Kab. Kutai Kartanegara ruangan/bagian kelompok fungsional peneliti. Jl. Wolter Monginsidi Komplek Kantor Bupati Gedung Bappeda – Balitbangda Lt. 4 Tenggarong